Edukasi Global Warming Mulai Tingkat Sekolah Dasar

Vania

Vania

Surabaya, Dalam upaya preventif pemanasan global atau yang disebut Global Warming, Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah IV Surabaya mengedukasi siswa-siswi kelas V serta memberikan penyuluhan. Sosialisasi akan bahaya Global Warming diberikan pembimbing dan Duta Lingkungan Asia Pasifik, Vania Santoso.

“Kegiatan ini bertujuan agar para siswa dapat belajar dan memahami Global Warming, serta mengetahui cara pencegahannya supaya lapisan ozon tidak bocor,” ujar Vania yang masih kuliah semester IV di salah satu universitas di Surabaya. Antusiasme siswa-siswi SD Muhammadiyah IV terlihat dalam sesi tanya jawab, dan Vania dengan sabar menjelaskan rasa keingin-tahuan para murid. tercatat, Vania sudah 17 kali di undang Perserikan Bangsa-Bangsa (PBB) melakukan penyuluhan tentang lingkungan hidup di negara-negara tetangga.

“Tujuan dengan adanya penyuluhan seperti ini, harapannya agar para siswa menyadari betapa pentingnya menjaga lingkungan hidup terutama lapisan ozon dan tahu bagaimana mengatasi dan memanfaatkan sampah yang sudah tidak terpakai.” ujar Edi Santoso, kepala sekolah SD Muhammidayah IV. Global Warming merupakan salah satu ancaman planet bumi dan manusia, sehingga salah satu gerakan secara internasional yaitu dengan berhemat dalam penggunaan energi seperti konsumsi bahan bakar secara berlebihan yang dapat mengakumulasi karbondioksida sebagai salah satu faktor yang merusak lapisan Ozon (O3).

Vania menjelaskan bahwa pemanasan global itu sendiri terjadi akibat rusaknya lapisan ozon yang disebabkan oleh penggunaan secara berlebihan, seperti pendingin ruangan (AC), hairspray, kulkas, alat  pemadam kebakaran dan sebagainya.. “Lapisan Ozon (O3) memiliki peranan penting bagi bumi dan kehidupan manusia, serta mahkluk hidup lainnya, seperti salah satu contoh  melindungi kulit dari penyakit kanker kulit,” tambah Vania. Bentuk preventif yang diberikan kepada para murid dimulai dari cara membuang sampah di lingkungan terkecil, yaitu di dalam rumah. Penyuluhan ini juga memberikan ketrampilan berupa daur ulang sampah menjadi kerajinan, seperti membuat sabuk dan pot bunga.

Satu pemikiran pada “Edukasi Global Warming Mulai Tingkat Sekolah Dasar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s