Tiket Wisata Naik, Pengunjung Mengeluh

harga tiket masuk terbaru

harga tiket masuk terbaru

tampak sepi orderan

tampak sepi orderan

Kenaikan harga tiket di sebuah tempat pariwisata belakangan ini membuat para pengunjung juga travelling kebakaran jenggot, perubahan yang sangat mengagetkan terjadi di kenaikan tiket masuk di sebuah tempat pariwisata Bromo. tiket yang dari awal seharga Rp. 2.500,- / pengunjung kini naik menjadi Rp. 12.000,- bagi wisatawan nusantara, dan Rp. 20.000,- / pengunjung kini naik menjadi Rp. 75.000,- bagi wisatawan manca negara, ini terbukti bahwa kenaikan tiket mencapai 300%.

Kendala kenaikan tiket tersebut juga sangat berpengaruh kepada para pemilik-pemilik hotel serta losmen yang berada di sekitar wilayah tersebut. kurang adanya koordinasi yang tepat dari pihak setempat membuat para pemilik penginapan resah akan menurunnya jumlah  pengunjung. Terbukti salah satu agen travel yang sudah mengagendakan acara traveling rutin tahunan bagi turis mancanegara harus mengganti rugi harga yang telah disepakati oleh kedua belah pihak sebelum tiket naik. Tidak ada kebijakan tersendiri dari pihak terkait bagi agen travelling yang sudah melakukan ikatan kontrak dengan wisatawan asing tersebut.

“kenaikan itu wajar, tapi alangkah baiknya tidak dilakukan secara mendadak mungkin harus ada pemberitahuan 3 bulan sebelumnya atau diuji coba dulu tentang bagaimana reaksi pengunjungnya” ungkap salah satu pemilik hotel di kawasan bromo tersebut yang enggan disebutkan namanya.

Di samping itu beberapa komentar dari para pengunjung tepat wisata itu juga mengeluhkan akan kenaikan tiket yang sangat tinggi “kalau naiknya itu 50% atau bahkan tertinggi 100% itu sih wajar mas, tapi kalau sudah mencapai 300% itu yang tidak masuk akal meskipun semua itu sudah di inklutkan dengan kamera, hape serta barang-barang lain” ungkap Budi salah satu pengunjung dari kota Jakarta

Perangkat desa di kawasan Pantai Selatan (Pansel) Lumajang itu mempertanyakan tarif Rp 5.000,- untuk kamera. “Bagaimana kalau saya tidak bawa kamera, apa masih dikenai tarif Rp 5.000,- toh seandainya foto-fotoan kan hanya untuk dokumen pribadi, mengapa dikenai tarif, kecuali untuk fotografer profesional,” ujarnya.

Selain Budi turis manca negara pun juga mengalami hal yang sama dengan adanya kenaikan tiket masuk yang melonjak tinggi tersebut, terbukti dengan adanya pihak-pihak agensi traveling yang mengeluh kepada pengelola hotel dan losmen di sekitar area witasa tersebut. dan ketika dikonfirmasi kepada pengurus area wisata tersebut soal kenaikan tiket yang mencapai 300% itu tidak ada bantahan dari pengurus soal kenaikan tiket ini dan mereka juga mengatakan tidak ada masalah yang signifikan dengan adanya kenaikan tersebut “mereka baik-baik saja hanya butuh waktu untuk penyesuaian” demikian ungkap sarmin selaku kepala Taman Nasional Bromo. padahal diluar sana baik penduduk asli juga pengunjung wisata nusantara maupun mancanegara banyak yang mengeluhkannya

Sebelum tarif masuk wisata Gunung Bromo naik, para sopir mampu meraup pendapatan hingga Rp. 600.000 per hari, namun sejak diberlakukannya kenaikan tarif, mereka hanya bisa mengantongi Rp. 100.000,- saja. bahkan, tidak sedikit para sopir yang tak mendapatkan apa-apa akibat sepinya penumpang menuju Gunung Bromo. para sopir mengeluhkan kenaikan tarif masuk wisata Gunung Bromo karena menjelang musim libur panjang ini pendapatan mereka justru menurun drastis dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. mereka berharap, pemerintah memperhatikan dampak yang terjadi kepada penyedia jasa travel, sopir angkutan dan tranportasi kuda Gunung Bromo jika menaikkan tarif masuk terlalu tinggi. karena tingginya tarif tersebut membuat wisatawan Gunung Bromo semakin sepi dan menyebabkan pendapatan penyedia jasa berkurang. (sumber investigasi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s